Kamis, 25 Desember 2008

Plastik Juga Punya Kode Sendiri Loh.....

Plastik adalah jenis bahan yang tidak bisa dipisahkan dari kehidupan kita. Saat ini, sepertinya banyak sekali barang yang terbuat dari plastik. Botol plastik, piring plastik, kursi plastik, tempat makan plastik, susu pun juga plastik,,,,eh, melamin ding...

Mungkin selama ini kita menganggap semua plastik itu sama, yang membedakan paling hanya tebal tipisnya atau kegunaannya. Ternyata, plastik juga bisa dibedakan menurut kodenya masing - masing. Itu lo, kode yang biasanya ada di bagian bawah botol atau wadah makanan. Kodenya biasanya berupa angka 1 - 7 di dalam bentuk segitiga. Nah, tiap kode itu menunjukkan komposisi atau bahan baku dari plastik tersebut. Di bawah ini adalah arti dari ketujuh kode tersebut.


1 : Polyethylene Terephalate (PET/PETE)



Biasanya merupakan wadah dari minuman mineral dengan warna transparan. Wadah ini khususnya diperuntukan sekali pakai. Karena semakin lama isinya berada dalam kemasan tersebut, maka kandungan kimia yang terlarut semakin banyak pula.


2 : High Density Polyethylene (HDPE)



Biasanya digunakan sebagai kemasan obat atau bahan kosmetik. Cukup aman, tapi tetap direkomendasikan hanya untuk sekali pakai. Alasannya sama dengan atas.


3 : Polyvinyl Chloride (PVC)



Merupakan zat yang paling berbahaya. Sering digunakan sebagai saluran air, bahan bangunan, kadang kala digunakan sebagai mainan anak atau bungkus makanan. PVC mengandung DEHA yang dapat bereaksi dengan makanan yang dikemas dengan plastik berbahan PVC ini saat bersentuhan langsung dengan makanan tersebut karena DEHA ini lumer pada suhu -15oC. Reaksi yang terjadi antara PVC dengan makanan yang dikemas dengan plastik ini berpotensi berbahaya untuk ginjal, hati dan berat badan.


4 : Low Density Polyethylene (LDPE)



Biasa digunakan untuk bungkus sayuran dan daging beku. Cukup baik untuk membungkus makanan karena sulit bereaksi secara kimiawi dengan makanan yang dikemas dengan bahan ini.


5 : Polypropylene (PP)



Merupakan plastik terbaik untuk kemasan bahan makanan, botol minum, dan botol minum bayi.


6 : Polystyrene (PS)



Polystyrene merupakan zat yang berbahaya bagi tubuh karena berakibat buruk pada kesehatan otak, mengganggu hormon estrogen pada wanita yang berakibat pada masalah reproduksi, pertumbuhan dan sistem syaraf. Jika makanan berminyak dipanaskan dalam wadah ini, styrene dapat berpindah ke dalam makanan, maka menggunakan bahan ini sebagai wadah makanan tidak dianjurkan. Biasa ditemukan pada gelas dan piring makanan styrofoam, sendok dan garpu, kotak CD.


7 : Kategori lainnya



Yang termasuk dalam kategori ini adalah bahan plastik yang tidak termasuk dalam 6 kategori diatas. Dalam kategori ini termasuk Polycarbonate yang juga berbahaya bagi tubuh. Tetapi, ada juga bahan yang baik untuk lingkungan karena dapat diurai yang disebut bioplastik yang terbuat dari tepung jagung, kentang, tebu.



Sekarang kita semua sudah tahu arti dari kode - kode plastik. Dan ternyata plastik itu ada juga yang berbahaya untuk tubuh. Nah, dengan melihat kode dari plastik - plastik itu, kita sebaiknya lebih berhati - hati waktu memilih produk plastik, terutama plastik yang digunakan sebagai pembungkus makanan. Untuk pencegahan yang maksimal, bawalah wadah sendiri jika membeli makanan di luar, karena pastinya lebih aman dan higienis.

1 komentar:

  1. Berarti botol minum q tiap hari tuh cuma sekali pakai.... Peh Klo gitu q mau beli yang angka 4 kayaknya ada dKopsis

    BalasHapus